Pages

Senin, 01 Juli 2013

Wacana

A. Pengertian Wacana :Sebuah tulisan yang teratur menurut urut - urutan yang semestinya atau yang logis.

Dalam wacana setiap nsurnya harus memiliki kesatuan dan kepaduan. Sebelum menulis wacana, seseorang harus menentukan tema serta tujuan yang sesuai dengan bentuk wacana, dan menyusun kerangka karangan. Membuat kerangka karangan sangat dianjurkan terutama bagi pengarang pemula.

B. Jenis - jenis wacana

1. Narasi : wacana yang berisi cerita yang didasarkan pada urut - urutan suatu kejadian atau peristiwa. Narasi dapat berbentuk narasi ekspositoris dan narasi imajinatif. Unsur - unsur penting dalam sebuah narasi adalah kejadian, tokoh, konflik, alur/plot, serta latar yang terdiri atas latar waktu, tempat dan suasana.

2. Deskripsi : wacana yang isinya menggambarkan suatu obyek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulisnya.

3. Eksposisi : wacana yang memaparkan atau menjelaskan secara terperinci sesuatu dengan tujuan memberikan informasi dan memperluas pengetahuan kepada pembacanya. wacana eksposisi biasanya digunakan pada karya - karya ilmiah.

4. Argumentasi : wacana berisi pendapat, sikap, atau penilaian terhadap suatu hal yang disertai dengan alasan, bukti - bukti, dan pernyataan - pernyataan logis. Tujuannya adalah berusaha meyakinkan pembaca.

Tahapan penulisan : prapenulisan, penulisan, revisi

C. Judul berbeda dengan topik
 topik merupakan pokok bahasan
syarat topik : menarik bagi pembaca, dikenal dengan baik oleh penulis,memiliki manfaat, tidak terlalu luas tidak terlalu sempit, berbentuk kalimat bukan frasa.

judul merupakan label, kepala sebuah karangan. Untuk karya ilmiah judul harus mencerminkan isi.
syarat judul: menarik perhatian pembaca. berbentuk frasa bukan kalimat ,tidak terlalu panjang tidak terlalu pendek, judul harus jelas, tidak mengandung kiasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar