Pages

Jumat, 28 Juni 2013

Sambel Tumpang

Kalau ada sambel tumpang, aroma rumah sepertinya sudah dekat. Saya bukan penggemar sambel tumpang tapi papa saya sangat suka dengan masakan yang satu itu. Kesukaan papa dengan sambel tumpang diwariskan dari mbah kakung saya yaitu papa dari papa saya yang juga dahulu sangat suka sambel tumpang. Papa pernah bercerita dulu mbah kakung selalu memasak sambel tumpang apabila merasa kurang enak badan,dan bila sudah memakan sambel tumpang mbah kakung percaya kalau masuk angin bisa hilang. 
Hal itulah yang diturunkan mbah kakung yang adalah seorang tentara, dan menurut cerita papa, mbah kakung pandai memasak. Papa juga sekarang sangat suka sambel tumpang yang dimasak dengan tempe semangit dan diberi kencur, sedap sedap. Kalau ada sambel tumpang saya selalu ingat papa, mungkin sama halnya dengan papa yang menjadikan ambel tumpang sebagai obat rindu pada papanya .

Berikut ini cara membuat sambel tumpang :
bumbu:
lombok , bawang putih , bawang merah , kencur , lengkuas
bahan:
tahu , tempe , tempe semangit , santan , 

cara memasaknya:

Pertama tama tempe, bawang merah, bawang putih, cabai, daun jeruk, kencur, salam, lengkuas direbus jadi satu kemudian bahan rebusan semua diulek ( tumbuk )halus,kecuali salam, lengkuas
lalu rebus semua bahan beri santan setelah mendidih beri garam dan gula secukupnya. rebus sampai matang.

masakan ini nikmat disantap dengan bayam atau kangkung yang direbus juga dengan krupuk .
Selamat mencoba .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar